03 Desember 2008

Bekerja di depan komputer

Penggunaan komputer sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Lebih dari 75 persen pekerjaan, saat ini, melibatkan yang namanya komputer. Kemajuan teknologi ini tidak hanya memudahkan dalam bekerja, maupun mengakses informasi saja, para penggemar game (gamer) pun dibuat manja dengan kemajuan ini, dengan adanya game online lahirlah era bermain di dunia maya. Orang pun betah berjam-jam duduk di depan layar monitor.

Namun di balik itu, penggunaan komputer juga dapat menimbulkan efek negatif bagi organ tubuh. Salah satunya gejala pada mata seperti mata lelah, iritasi mata, mata kering, maupun penglihatan buram.

Nah, agar tidak terjadi atau mencegah gejala seperti tersebut, berikut tipsnya.
1.Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan tirai untuk mengatur cahaya yang masuk dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap ataupun redup. Usahakan agar ruangan cukup terang agar mata tidak terlalu keras bekerja.
2.Gunakan filter monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dari radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Karena dengan menggunakan filter tersebut, mampu mengurangi radiasi yang terpancar.
3.Periksa monitor anda
Periksa monitor anda, apakah masih bekerja dengan baik? Bila gambar yang ditampilkan tampak buram atau tidak nyaman bagi mata anda,maka setting-lah tampilan monitor anda. Apabila sudah di setting tetapi tidak ada hasilnya, sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor tsb. Lebih baik mengganti monitor daripada mengorbankan mata anda. Dan sering-seringlah membersihkan layar monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.
4.Perhatikan posisi monitor
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata anda, juga menjaga agar bahu dan leher cukup nyaman bekerja.
5.Istirahatkan mata anda
Relaksasikan mata anda. Sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk. Jangan kucek-kucek mata anda. Bila terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Lakukan ini beberapa menit setiap 30 menit.

Demikian tips bagi temen-temen yang sering bekerja atau berada di depan layar komputer. Sayangi organ tubuh temen-temen,terutama mata. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sisipkanlah komentar temen-temen walaupun satu kata,
karena setiap komentar temen-temen sangat berarti bagi blog ini.

[home]