02 Februari 2009

VIRUS

Disebut virus komputer, karena program perusak ini memiliki banyak kesamaan dengan virus biologis manusia. Keduanya memiliki penyebaran yang sama. Manusia yang terinfeksi virus akan menulari manusia lain yang melakukan kontak dengannya. Demikan juga dengan komputer yang terjangkiti virus, daia akan menulari komputer lain yang berbagi file dengannya.
Kesamaan lainnya adalah pada pola reproduksi. Sehingga virus tersebut dapat berkembang biak dan menginfeksi file lainnya. Sifat2 tersebut yang membedakan virus dengan malware seperti worm, yang menyebarkan dan menggandakan dirinya sendiri atau spyware, yang biasanya berjalan sebagai program standalone.
SEJARAH VIRUS
Virus komputer pertama kali menyebar pada akhir 1980-an karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah meluasnya pemakaian PC. Faktor kedua adalah penggunaan computer bulletin board. Orang2 dapat men-dial up sebuah bulletin board menggunakan modem dan mendownload berbagai jenis program, kemudian disusul oleh word processor, spreadsheet, dan aplikasi produktif lainnya.
Bulletin board lah yang mengantarkan sebuah virus perintis yang dikenal sebagai Trojan horse. Virus2 generasi pertama tsb merupakan sekumpulan kode yang disusupkan kedalam program yg umum digunakan pada waktu itu.
Ketika seseorang mendownload program yg ternfeksi dengan kode2 jahat tsb dari bulletin board, dan menjalankan di PC, virus meloading dirinya ke dalam memory dan mulai bekerja mencari program lain yang akan diinfeksi. Kemudian, penularan virus terjadi bila program yg terinfeksi diberikan kepada pengguna lain, baik melalui media floppy disk maupun di upload ke bulletin board.

EVOLUSI VIRUS
Salah satu perkembangan penting yang diraih oleh virus adalah kemampuan masuk kedalam memory dan tetap berjalan di belakan layar selama PC maasih menyala. Hal ini memberikan keleluasaan bagi virus untuk mereplikasikan dirinya secara efektif. Perkembangan penting lainnya adalah mampu untuk menginfeksi boot sector pada floppy disk dan hardisk. Boot sector adalah program kecil yang merupakan bagian pertama dari sistem operasi yang diloading ke dalam memory, saat komputer pertama kali dinyalakan. Dengan meletakkan kode2nya pada boot sector, sebuah virus memastikan dirinya akan tereksekusi dan aktif dalam komputer.
Virus yg ada di boot sector dapat menginfeksi boot sector setiap floppy disk yang di masukkan ke dalam komputer yg telah terinfeksi.
Era kejayaan virus boot sector surut, karena ukuran program komputer yang semakin tambun tak lagi memungkinkan ditampung dalam floppy disk. Sebagai gantinya, program2 komputer didistribusikan ke dalam CD yg tidak dapat ditulis (read only). Namaun, siklus kehidupan selalu berputar. Virus telah menemukan jalan lain untuk memperluas dirinya, yakni melalui USB flash disk.
Bila dulu virus disebarkan melalui bulletin board, sekarang mereka menggunakan e-mail yang dikirim sebagai spam. Demikan pula penyebaran virus yang dulu melalui floppy disk, kini mengubah sasarannya menjadi USB flash disk.

Sumber
- PCMild
- en.wikipedia.org
- howstuffworks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sisipkanlah komentar temen-temen walaupun satu kata,
karena setiap komentar temen-temen sangat berarti bagi blog ini.

[home]